Entri Populer

Selasa, 20 April 2010

Pengertian Organisasi Lini,Saff,Lini dan Staff

1. Organisasi Lini (Line Organization)

Dalam jenis organisasi ini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang tegas antara pimpinan dan pelaksanaan. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan dimana semua kekuasaan di tangan pimpinan. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan kegiatan yang utama adalah wewenang dan perintah.

2. Organisasi Staf (Staff Organization)

Dalam organisasi ini, tidak begitu tegas garis pemisah antara pimpinan dan staf pelaksana. Peran staf bukan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun staf berperan sebagai pembantu pimpinan. Bentuk organisasi semacam ini muncul karena makin kompleksnya masalah-masalah organisasi sehingga pimpinan sudah tidak dapat lagi menyelesaikan semuanya dan memerlukan bantuan orang lain (biasanya para ahli) yang dapat memberikan masukan pemikiran-pemikiran terhadap masalah-masalah yang dihadapi.

3. Organisasi Lini dan Staff

Organisasi ini merupakan gabungan kedua jenis organisasi yang terdahulu disebutkan (line dan staff). Dalam organisasi ini staf bukan sekedar pelaksana tugas tetapi juga diberikan wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik. Demikian juga pimpinan tidak sekedar memberikan perintah atau nasehat tetapi juga bertanggung jawab atas perintah atau nasehat tersebut.

Menurut sumber diatas maka usaha warnet termasuk ke dalam Organisasi Lini & Staff karena dalam manajemennya antara lini dan staff tidak bekerja sendiri-sendiri. Dalam usaha warnet antara atasan dengan bawahan perlu koordinasi yang baik. Dalam hal ini staff yang ditempatkan oleh Admin dan Operator warnet bekerja tidak hanya sebagai Admin dan Operator saja tetapi disini dibutuhkan masukan dari mereka karena apabila ada kekurangan-kekurangan yang dialami operasional maka dapat diberikan masukan kepada atasan yaitu Investor dan Manager warnet. Dalam hal ini juga atasan tidak lepas tangan begitu saja karena atasan dapat memberikan kontribusinya dalam hal masukan kepada bawahan apa saja yang mesti dilakukan dalam menjaga kestabilitasan warnet dan membantu dalam pengadaan operasional yang masih dibutuhkan.

Dari analisa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa arti penting organisasi dan metode dalam perusahaan warnet sangat dibutuhkan. Karena dalam usaha warnet merupakan suatu organisasi yang membutuhkan tahapan-tahapan untuk membangunnya dan menciptakan keberhasilan dari usaha tersebut untuk dijaga kestabilitasanya. Dengan metode yang baik maka dapat tercapainya suatu tujuan dari perusahaan tersebut secara efisien. Oleh sebab itu pentingnya organisasi dan metode dalam usaha warnet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar